Sulit Hamil karena Kebal Sperma?

Sulit Hamil karena Kebal Sperma?

Desy merasa resah akhir-akhir ini. Pada pernikahannya yang sudah memasuki usia ke-5, ia dan suami belum juga dikaruniai anak. Tak terhitung upaya untuk mendapatkan keturunan, mulai dari mengonsumsi jamu-jamuan, terapi pijat, hingga pemeriksaan kesuburan. Hasilnya, tetap nihil.

Yang membuatnya heran, dokter yang memeriksa kesuburan Desy dan suami telah menyatakan kedua belah pihak tak ada masalah pada alat reproduksi. Lantas, apa masalah sesungguhnya? Bila berkaca pada kasus Desy, terkadang pasangan suami istri tak habis pikir akan penyebab sulitnya memiliki keturunan.

Spesialis androlog dari Rumah Sakit Sam Marie Jakarta, dr. Indra G. Mansur, DHES, SpAnd , mengatakan, setidaknya lebih kurang 60 persen kasus infertilitas tidak terjelaskan.

Namun, salah satu penyebab infertilitas yang tak terjelaskan ini adalah antibodi antisperma (ASA). Nah, kasus seperti Desy ini juga bisa dicurigai sebagai antibodi sperma.

Apakah sebenarnya yang dimaksud dengan kelainan antibodi antisperma? Adakah hubungannya dengan sistem kekebalan tubuh atau antibodi?

Pemahaman itu memang tak sepenuhnya salah. Kelainan yang disebut ASA ini memang memiliki kaitan dengan kekebalan tubuh. Tepatnya, kekebalan tubuh yang mengenali sel sperma layaknya virus.

Normalnya, pada tubuh sel sperma terdapat pelindung unik yang menyebabkan ia tak dikenali tubuh wanita sebagai benda asing. Pada beberapa kasus, pelindung ini tidak berjalan dengan baik. Sperma pun bisa dikenali layaknya virus, sehingga diserang oleh antibodi pasangannya.

Saat berkontak pertama kali, tubuh wanita membentuk antibodi yang cukup kuat untuk menghalau sperma.

Bila antibodi terkena pada bagian ekor sperma, akan menyebabkannya sulit berenang secara terarah untuk mencapai tuba falopi guna bertemu sel telur. Dan bila antibodi terkena pada bagian kepala sel sperma, akan menyebabkan ia sulit membuahi sel telur.

Intinya, antibodi yang dibentuk spesifik terhadap sel sperma ini menyebabkan sel sperma sulit membuahi sel telur. Meskipun analisis sperma menunjukkan, sperma terdapat dalam jumlah cukup banyak dan mampu berenang cepat.

Antisprema

Bukan hanya pasangan yang sulit hamil tanpa gangguan reproduksi saja, ASA juga bisa dicurigai pada wanita yang kerap mengalami keguguran. Berdasarkan literatur medis, satu dari sekian banyak penyebab keguguran pada trimester pertama adalah ASA.

Sedangkan keguguran pada trimester kedua lebih banyak disebabkan penyakit autoimun lupus, sindrom darah kental, dan sindroma antiphospolipid.

Selain itu, pasangan yang telah memiliki anak pertama tapi kemudian kesulitan memiliki anak selanjutnya dengan pasangan yang sama, juga dapat dicurigai menderita ASA.

Bisa jadi kelahiran anak pertamanya merupakan faktor keberuntungan, dimana pembuahan terjadi sebelum tubuh membentuk antibodi yang cukup kuat terhadap sel sperma. Namun, pada kehamilan selanjutnya, sel sperma secara efektif dihalau oleh antibodi yang sudah terbentuk. Kehamilan pun bakal sulit terjadi dengan adanya antibodi antisperma ini pada tubuh sang wanita.

Ragam Faktor

Rusaknya pelindung sel sperma yang menyebabkan sel sperma teridentifikasi sebagai benda asing, dapat disebabkan banyak faktor. Pada pria, kerusakan pelindung ini bisa disebabkan luka pada buah pelir, buah pelir terpelintir, kelainan testis yang tidak masuk sempurna pada buah pelir, pembatalan vasektomi, varikokel, dan kanker buah pelir.

Pada wanita, antibodi antisperma dapat diproduksi pada lendir servik. Antibodi ini menghalangi sperma yang berenang melewati serviks menuju tuba falopi untuk bertemu sel telur. Biasanya kelainan ini didapat secara bakat dari keturunannya.

Namun, ASA tidak bisa serta merta dipastikan pada seseorang dengan gejala yang kasat atau jelas. Tidak ada indikasi secara jelas seseorang mengalami ASA seperti halnya mekanisme pertahanan tubuh dari infeksi kuman.

Menurut Indra, pasien infertilitas tanpa sebab bisa saja melakukan pemeriksaan ASA yang akurat, baik istri maupun suami. Caranya, sperma suami terlebih dulu dicuci untuk memisahkan sperma dari pengaruh seminal plasma. Tujuannya, agar betul-betul diperoleh spermatozoa-nya saja.

Spermatozoa dari suami ini lalu diuji di laboratorium dan dilihat apakah ada reaksi peningkatan titer ASA pada kekebalan tubuh istri. Meningkatnya titer ASA ini merupakan indikasi adanya respons imun tubuh (imuno-stimulasi) terhadap spermatozoa suami.

Imunisasi & Terapi

Jika seseorang telah dinyatakan memiliki ASA, selanjutnya dokter perlu memberitahukan beberapa kiat untuk menurunkan derajat antibodi antisperma. Ada beberapa cara yang bisa ditempuh, baik secara klasik maupun dengan teknik tertentu.

Cara menurunkan antibodi antisperma secara klasik bisa dengan menggunakan kondom selama 6 bulan.

Tujuannya, untuk menurunkan antibodi terhadap sperma, sehingga setelah terapi dilakukan, peluang sperma untuk mencapai sel telur bisa meningkat. Cara lain bisa juga dengan memberikan imunosupresor yang mampu menekan kemampuan antibodi istri.

Reaksi imun yang lemah ini dapat memperbesar peluang sperma melakukan pembuahan. Dan cara yang paling mutakhir adalah dengan melakukan paternal leukocyte immunization (PLI) atau imunisasi sel darah putih suami terhadap istri. Cara ini dianggap lebih baik daripada menggunakan imunosupresor, yang menurunkan kekebalan tubuh secara menyeluruh.

 

(Sumber: www.tabloidnova.com)

 

Ayo Ikuti Jejak mereka yang sudah mengikuti Promil dengan Madu Penyubur Kandungan

Sebagian Pasangan Suami Istri Sudah Menikah Lama Tapi Tidak Juga Dikaruniai Keturunan, Hal Ini Harus Segera Diatasi Karena Jika Berlarut Larut Akan Mengakibatkan :

- Depresi karena khawatir tidak memiliki momongan selamanya

- Digunjing tetangga tetangga anda

- Tidak enak terhadap mertua

- Bahkan tak sedikit pasangan melakukan Perceraian karena tidak kunjung memiliki momongan

Dan lagi yang perlu anda ingat. Jangan pernah anggap remeh kondisi anda yang sulit mendapatkan momongan. Semakin usia anda bertambah maka kesuburan akan semakin menurun. Karena dengan Usia yang semakin tua semakin kecil kemungkinan untuk mendapatkan keturunan.

KEINGINAN ANDA UNTUK SEGERA MEMILIKI ANAK SANGATLAH KUAT, NAMUN SEGALA UPAYA YANG DITEMPUH BERAKHIR SIA-SIA.

JANGAN KHAWATIR KINI ADA CARA ALAMI UNTUK MENGATASI MASALAH KESUBURAN ANDA.

KINI TELAH HADIR !

MADU PENYUBUR KANDUNGAN WANITA DAN PRIA

www.madukesuburan.comMadu penyubur kandungan al mabruroh ini merupakan minuman khusus untuk wanita dan pria dewasa yang diformulasikan secara khusus dari bahan herbal alami. Madu penyubur kandungan ini bekerja untuk menjaga kesehatan organ reproduksi (pria dan wanita), untuk membantu mencegah dan mengatasi kemandulan.

"Khasiat apa saja yang terkandung dalam sebotol Madu Penyubur Al Mabruroh ?"

Khasiat Madu Penyubur Wanita :

  • Menstimulasi kinerja hormon

  • Merangsang pematangan sel telur

  • Membantu menyuburkan kandungan

  • Menjaga kesehatan reproduksi

  • Mengatasi gangguan haid dan keputihan

  • Mencegah kemandulan sejak dini

Khasiat Madu Penyubur Pria :

  • Mengatasi kemandulan

  • Mengentalkan sperma

  • Menjadikan sperma menjadi berkualitas

  • Untuk menjaga kesehatan tubuh

"Apakah Madu Penyubur Al Mabruroh AMAN untuk dikonsumsi ?"

Madu Penyubur Al Mabruroh sudah pasti AMAN untuk dikonsumsi, dan tentunya TANPA EFEK SAMPING. Komposisi Madu Penyubur Al Mabruroh, antara lain : madu pilihan, sari kurma, ekstrak kemangi, ekstrak barucina, ekstrak adas, dan serbuk pucuk bunga kurma.

Madu Penyubur Al Mabruroh juga sudah terdaftar pada

Madu wanita : DEPKES P-IRT 209320101800

Madu pria : POM TR 153685241

"Lalu Berapa Harga Madu Penyubur Ini?"

Madu Penyubur Wanita Rp 90.000/botol

Madu Penyubur Pria Rp 65.000/botol

(belum termasuk ongkir)

 Dapatkan HARGA LEBIH MURAH dengan membeli PAKET Madu !

1 paket  @ Rp. 149.000/paket = Rp 149.000 saja!

2 paket @ Rp. 129.500/paket = Rp 259.000 saja!

3 paket @ Rp. 113.000/paket = Rp 339.000 saja!

(Belum termasuk ongkir)

BELI SEKARANG JUGA !!!

PEMESANAN OTOMATIS VIA WA ADMIN MADU PENYUBUR KANDUNGAN 08562765088 KLIK DISINI

wa-1 madu penyubur kandungan

KARENA KHUSUS HARI INI ADA BONUS GRATIS 1 PCS TEST PACK

HANYA UNTUK PEMBELIAN 1-2 PAKET MADU PENYUBUR

 

"Lantas saya harus minum berapa botol agar bisa hamil?"

Hasil pada tiap konsumen berbeda-beda sesuai kondisi tubuh masing-masing konsumen dan yang pasti kehamilan adalah MUTLAK kehendak Allah 'Azza Wa Jalla, dan semoga madu ini menjadi lantaran untuk mendapatkan momongan.

MADU PENYUBUR KAMI ASLI 100% DARI AL MABRUROH

CEPAT BERTINDAK SEKARANG JUGA, KARENA HARGA MADU KESUBURAN BISA NAIK SECARA TIBA TIBA TANPA PEMBERITAHUAN.

Bayangkan...jika anda hamil dan memiliki momongan? uang untuk membeli madu kesuburan tidak ada artinya sama sekali dibandingkan kebahagiaan anda.

HATI-HATI BANYAK BEREDAR BARANG PALSU & JANGAN MUDAH TERGIUR DENGAN HARGA MURAH !

kami men jual madu penyubur kandungan al mabruroh asli, alami, aman, dan terpercaya

CARA KONSUMSI MADU KESUBURAN CEK VIDEO DI BAWAH INI

Silahkan pesan & bayar sekarang juga !

PEMESANAN OTOMATIS VIA WA ADMIN MADU PENYUBUR KANDUNGAN 08562765088 KLIK DISINI

madu penyubur kandungan bbm-1

tlp

wa-1 madu penyubur kandungan sms

GARANSI 100% MADU PENYUBUR PASTI DIKIRIM DAN SAMPAI KETANGAN ANDA

*Disclaimer : Hasil yang didapat dan waktu yang dibutuhkan setiap orang dalam pemakaian madu penyubur kandungan dan bisa berbeda-beda tergantung frekuensi penggunaan dan kondisi masing masing individu.

Via SMS/WA/BBM

Format Pemesanan :

PM # NAMA  # ALAMAT LENGKAP # JUMLAH PAKET MADU YG DIPESAN

Contoh :

PM # ANDI # JL NUKLIR 5 DESA CIBITUNG, RT 05, RW 06, KEC. RAPOCINI, LAMPUNG SELATAN # 2 PAKET MADU

Kirim ke :

madu penyubur kandungan bbm-1

tlp

wa-1 madu penyubur kandungansms  

PEMESANAN OTOMATIS VIA WA ADMIN MADU PENYUBUR KANDUNGAN 08562765088 KLIK DISINI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *