Arsip Kategori: Uncategorized

Ucapan Paling Menyebalkan yang Bikin ‘Panas’ Kuping Ibu Hamil

Kehamilan memang jadi momen ‘lengkap’ yang dirasakan ibu. Bahagia, sudah tentu! Muncul juga perasaan khawatir, gugup, sedih, dan perasaan lainnya. Termasuk perasaan kesal dan marah ketika mendengar komentar negatif orang lain soal kehamilan.

Komentar menyebalkan ini bisa datang dari mana saja. Orang asing yang bertemu di jalan, kerabat, teman kerja atau malah sesama ibu hamil saat antre periksa. Mulai dari yang
mengomentari bentuk tubuh, kondisi perut, rambut, kaki, tangan dari ujung rambut hingga kaki.

Ada juga yang memberi nasihat terus menerus tanpa henti seakan-akan ia merupakan dokter kandungan profesional. Rasa kesal rasanya sudah di ubun-ubun. Mungkin Anda pernah sebal
dengan komentar-komentar berikut saat hamil.

– Ya ampun, kok kecil/ besar banget
Mereka yang komentar seperti ini rasanya paling tahu ukuran bayi normal dan bobot ibu hamil serta ‘bertindak’ seperti mesin ultrasonografi. Malah kadang disertai saran yang sok tahu.
Seperti ” aduh jangan besar-besar, nanti susah melahirkan, coba diet deh” atau ” kok kecil banget gak kelihatan yah, makan banyak dong, jangan takut gemuk orang hamil kok” .

– Duh, kok hamil manja sih
Tiap ibu hamil memiliki kondisi fisik yang berbeda. Ada yang sangat fit dan bisa mengatasi masalah pusing dan mual dengan mudah, namun ada juga yang sebaliknya. Berkomentar ‘manja’ pada ibu hamil yang sedang kelelahan, mual, lemas tak berguna sama sekali. Apalagi membandingkan kehamilan. Jadi lebih baik diam daripada berkomentar seperti ini. Tak membantu sama sekali.

– Dandan dong, jangan berantakan nanti suami ‘kabur’ lho
Ada kalanya ibu hamil memang sangat malas beraktivitas. Ada yang selalu merasa gerah karena hamil sudah kian besar dan sering buang air kecil. Hasrat hati hanya ingin memanjakan diri di rumah dan tak mau dandan.

Begitu juga saat keluar rumah, biasanya hanya pakai bedak dan dandanan seadanya. Jika mendengar komentar seperti itu kok rasanya seperti kita buruk sekali dan berprasangka buruk dengan suami. Lebih baik jauh-jauh dari orang seperti ini.

– Makan sayur sama buah, jangan makan yang gak sehat
Sesekali pasti ibu hamil ingin makan-makanan yang tidak sehat seperti mi instanatau junk food. Demi kesehatan janin, pasti ibu tahu dan sadar menyeimbangkan pola makan.

Jika ada yang berkomentar demikian padahal Anda jarang atay hanya sesekali mengonsumsi makanan tak sehat, lebih baik tutup telinga. Habiskan makanan dan nikmati semaksimal mungkin. Kebahagiaan ibu adalah kunci!