6 Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Perlu Kamu Ketahui!

Kehamilan menjadi momen yang ditunggu-tunggu bagi pasangan suami istri terutama pasangan yang baru saja menikah. Kehamilan istri menjadi pelengkap kebahagian pasangan, rasanya hal ini menjadi kado istimewa yang sangat dinantikan. Untuk kamu yang baru pertama kali mengalami proses kehamilan pasti banyak pertanyaan selama masa kehamilan.

Selama 9 bulan mengandung tentu kamu ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati. Proses selama kehamilan yang bisa dibilang tidak sebentar ini kadang membuat pasangan suami istri gugup Terutama istri yang memiliki tanggung jawab lebih untuk menjaga kandungannya agar tetap sehat sampai waktu melahirkan tiba.

Pertanyaan-pertanyaan seperti makanan, vitamin, dan hal yang boleh dilakukan pasti menjadi pertanyaan utama yang ditanyakan. Tapi tak jarang juga kamu penasaran dengan umur kehamilanmu. Alasannya tentu saja rasa penasaran kapan akhirnya kamu dan pasangan bisa bertemu dengan sang buah hati. Makanya ada beberapa pasangan yang sengaja mencari tahu cara menghitung usia kehamilan dan mulai mempersiapkan waktu persalinan. Rasanya kegiatan ini bisa membuatmu dan pasangan semakin dekat satu sama lain sebelum kelahiran si kecil.

Pasti kamu juga penasaran dengan pengertian usia kehamilan itu sendiri kan. Menurut beberapa penjelasan ilmiah usia kemahilan adalah panjang waktu kehamilan yang mulai dihitung sejak hari pertama haid terakhir atau yang biasa disingkat dengan HPHT.

 

Penghitungan usia kehamilan ini sangat penting karena dari sini dokter kandungan bisa mengecek perkembangan janinmu dan kesehatannya. Misalnya perkembangan saat fase perkembangan dan pertumbuhan organ-organ. Dari usia kehamilan inilah dokter bisa melakukan tindakan yang sesuai. Nah, biasanya usia kehamilan dinyatakan dalam minggu dan hari alasannya karena lebih detail atau tepat jika dibanduingkan dengan bualn.

Selain dokter kamu dan pasangan pun bisa lebih mengetahui hal-hal penting saja yang harus dilakukan selama proses kehamilan. Pada kehamilan trisemster pertama biasanya menjadi usia kehamilan emas atau yang paling butuh banyak perhatian. Biasanya kamu dan dokter kandungan bekerja sama menjadi janin agar tumbuh sehat dan normal.

Kamu yang baru pertama kali mengandung nggak ada salahnya untuk mencari tahu cara mengetahui umur kehamilan atau gestational age. Untuk mengetahui umur kandunga ada beberapa macam cara nih ada 5 cara yang paling populer dan sering digunakan oleh para dokter. Berikut penjelasannya!

Untuk mengetahui umur kehamilan atau gestational age ada beberapa macam cara.

1. Hitung sendiri usia kehamilan di rumah dengan cara manual dengan metode kalender

Walaupun metode penghitungan kalender ini terlihat mudah pada kenyatannya penghitungan ini cukup rumit. Kenapa cukup rumit karena kamu harus mengingat hari terakhir kamu haid. Kebanyakan orang tidak terlalu ingat siklus haidnya jadi penghitungan seperti ini kadang bisa saja meleset. Selain hari terakhir haid yang jarang diingat masa ovulasi juga menjadi kendala karena setiap orang memiliki sitem pembuahan masing-masing.

Biasanya dokter akan berpatokan masa pembuahan terjadi pada hari ke-14 dari siklus menstruasi, dengan terlebih dahulu mengetahui hari pertama haid. Dari sinilah biasanya dokter bisa menghitung usia janin. Jadi yang mesti diingat adalah tanggal pertama kali kamu haid dan hari terakhir haid. Kedua tanggal ini akan menjadi sangat penting dalam proses penghitungan usia kehamilan.

Beruntunglah jika kamu memiliki siklus haid teratur yaitu per 28 hari. Jika memiliki siklus seperti ini pasti kamu akan dengan mudah melakukan tracking kapan hari pertama dan terakhir. Setelah mengetahui dua tanggal penting ini kamu bisa langsung menghitungnya sendiri dengan menggunakan rumus Neagele. Berikut cara mudah menghitung usia kehamilan di rumah dengan rumus Neagele.

(Tanggal HPHT +7), (Bulan pada saat haid terkahir – 3), (Tahun pada saat haid terakhir + 1)

Contoh:

Kamu terakhir kali menstruasi pada tanggal 18 Desember 2017, maka perhitungannya akan seperti ini:

(18+7), (12-3), (2017+1) = 25, 9, 2018

Jadi Hari Perkiraan Lahir (HPL) kamu adalah 25 September 2018. Setelah mengetahui HPL kamu juga bisa langsung menghitung perkiraan usia kehamilan. Dari HPL kamu dapat menghitung usia kehamilan pertanggal 25 jadi pada 25 Januari 2018 usia kehamilanmu sudah menginjak usia 1 bulan.

Jika hari pertama dan terakhir haid terjadi di bulan yang tidak bisa dikurangi 3 yaitu dari bulan Januari-Maret maka bulan cukup ditambah 9 sedangkan tahunnya tetap sama. Rumus yang bisa digunakan:

(Tanggal HPHT +7), (Bulan pada saat haid terakhir + 9), (Tahun pada saat haid terakhir) 

Contoh:

Kamu terakhir kali menstruasi pada tanggal 18 Januari 2018, maka perhitungannya akan seperti ini:

(18+7), (1+9), (2018)= 25, 10, 2018

Jadi HPL kamu adalah 25 Oktober 2018.

2. Pemeriksaan usia kehamilan lewat USG

Sudah nggak asing dong dengan USG, alat yang satu ini memang biasa dipakai di dokter kandungan. Lewat USG kamu juga bisa menghitung usia kehamilan. Alat ultrasonografi ini dianggap paling akurat jika dibandingkan dengan cara-cara lainnya. Pemeriksaan usia kehamilan dengan alat USG ini memang hanya bisa dilakukan di rumah sakit atau klinik. Jadi tidak semudah menghitung dengan metode kalender. Makanya penghitungan usia kehamilan dengan USG ini punya hasil yang 95% akurat.

Untuk mengetahui usia kehamilan pemeriksaan bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama USG transvaginal  yang biasa dilakukan di awal usia kehamilan. Kedua USG Transabdominal dilakukan melalui dinding perut pada saat kandungan mulai membesar. Kedua cara ini bertujuan untuk memastikan lokasi janin, kantong janin, dan bagaimna pergerakan janin.

Di usia awal kehamilan biasanya dokter tidak menyarankan untuk melakukan USG. Walaupun di usia kandungan 4 minggu sebenarnya sudah bisa terdeteksi. Ketika usia kehamilan menginjak usia 8 minggu dan 18 minggu baru dokter akan menyarankan untuk melakukan pemeriksaan lewat USG. Di kedua usia kehamilan inilah penghitungan akurat baru bisa dilakukan. Penghitungan ini dilakukan dokter dengan cara berikut:

  1. Mengukur diameter kantong kehamilan biasanya di usia kehamilan memasuki 6-12 minggu
  2. Mengukur panjang janin dari kepala sampai bokong di usia kehamilan 7-14 minggu
  3. Mengukur lingkar kepala janin usia kehamilan di atas 12 minguu

Ketiga cara inilah yang biasanya dipkai oleh banyak dokter kandungan. Biasanya saat-saat mendebarkan terjadi di ruang USG, banyak calon ibu dan ayah yang menangis. Alasannya tentu terharu sekaligus bahagia bisa melihat jabang bayi yang sudah dinanti-natikan kehamilannya. Lewat pemeriksaan USG secara rutin kamu juga bisa mengetahui keadaan calon anakmu mulai dari pertumbuhannya hingga kesehatan.

3. Manfaatkan kalkulator masa subur

Cara yang satu ini juga cukup mudah dan tidak membutuhkan biaya. Kalkulator masa subur ini banyak yang menyediakan secara gartis. Baik di website atau berbentuk aplikasi jadi caranya kamu hanya perlu memasukkan tanggal pertama haid saja. Menggunakan kalkulator masa subur ini kamu bisa memperkirakan kondisi janin serta menghitung tanggal lahir bayi. Tapi ingat ya perhitungan ini belum tentu akurat.

Beberapa aplikasi juga menyediakan kalkulator masa subur secara gratis. Kalkulator ini juga bisa digunakan untuk melihat masa suburmu. Aplikasi-aplikasi ini juga biasanya dilengkapi dengan informasi lain seputar kehamilan mulai dari rekomendasi makanan, olahraga serta informasi dasar lainnya.

4. Menghitung usia kehamilan dari tinggi puncak rahim

Cara lain untuk menghitung usia kehamilan adalah dengan mengukur fundus uteri atau puncak rahim. Cara perhitungan ini juga sering dilakukan dokter kandungan. Cara pengukurannya adalah dengan menghitung jarak dari tulang kemaluan dengan bagian puncak rahim yang menonjol di perut.

Hasil dari penghitungan ini biasanya menunjukkan berapa usia kehamilan saat itu. Jika jaraknya berkisar 28 cm berarti janin sudah berusia 28 minggu. Sedangkan jika mencapai 36 cm artinya usia janin sudah 36 minggu.Teknik penghitungan ini bisa menggunakan bantuan pita ukur atau pemeriksaan palpasi. Pengukuran menggunakan bantuan pita ukur ini bisa dilakukan saat usia kehamilan melewati usia 22-24 minggu.

5. Mendeteksi gerakan janin

Usia kehamilan juga bisa dideteksi dengan gerakan janin. Jika kamu merasakan gerakan janin dalam perut makan dapat dipastikan kandunganmu sudah berada di usia 18-20 minggu. Hal ini berlaku untuk kehamilan pertama ya. Sedangkan kamu yang sudah pernah hamil mungkin akan merasakan gerakan janin saat memasuki usia 16-18 minggu.

6. Rumus 4

Satu lagi cara yang bisa kamu gunakan untuk mengukur usia kehamilan di rumah yaitu menggunakan rumus 4. Hampir sama dengan metode kalender, rumus ini juga membutuhkan hari pertama kamu menstruasi dan hari terakhirnya. Jadi kedua tanggal ini memang sangat penting nih saat ingin mencari tahu usia kehamilan. Berikut cara mengetahui usia kehamilan lewat rumus 4.

Umur kehamilan {(Tanggal sekarang – HPHT) X (4)}

Contoh:

Hari ini adalah tanggal 22 September 2017  (22-8-2017)

HPHT 15 Juli 2017 (15-6-2017)

Maka penghitunganmu adalah sebagai berikut

{(22-15) (8-6) x (4)}

7 hari 2 bulan x 4

Kemudian kamu harus kembali mengkalikan bulannya menjadi: 2 x 4

(2 x 4) + (2x)

8 + 0,7

Kemudian tambahkan dengan 7 hari dalam minggu yang artinya 1 minggu

Maka usia kehamilanmu adalah 9,7 minggu

 

Enam cara itulah yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui usia kehamilan. Setelah mengetahuinya kamu bisa lebih baik menjaga kesehatan karena sudah tahu vitamin apa saja yang dibutuhkan. Kamu juga bisa nih melakukan kegiatan seru bersama pasangan sambil menunggu lahirnya si buah hati.

Misalnya saja membuat kalender khusus yang ditandai setiap hari atau bis ajuga membuat sendiri jurnal kehamilanmu. Kegiatan seperti ini bisa membantumu lebih rileks menghadapi kehamilan. Selain itu pasanganmu juga bisa turut membantu dan mengetahui setiap perkembangan di saat masa kehamilan.

Satu hal yang terpenting selama 9 bulan mengandung kamu harus terbebas dari stress. Selain itu jangan malas untuk terus berkonsultasi pada dokter kandungan. Kamu juga bisa mengecek secara berkala usia kandunganmu secara mandiri di rumah. Jadi kamu juga bisa memberikan makanan terbaik untuk calon buah hatimu misalnya mengonsumsi susu, madu, sayuran, buah dan pastikan kamu terhidrasi dengan baik. Dengan menjaga pola makan selama mengandung kamu juga bisa menjaga kandungamu lho.

Bagaimana cara menghitung usia kehamilan ini tidak terlalu susah kan? Jika kamu memang punya waktu lebih nggak ada salahnya untuk menghitungnya sendiri dengan metode kalender atau download apalikasi penghitung usia kehamilan. Jangan lupa juga untuk selalu makan makanan sehat, rajin periksa ke dokter kandungan, dan nggak ada salahnya untuk olahraga. Tapi tetap ya konsultasikan dulu kegiatan olahragamu ini ke doktermu ya.

Jauh-jauh dari stress supaya kesehatanmu dan kandunganmu tidak terganggu selama masa kehamilan. Oh ya ajak juga suamimu untuk ikut berpartisipasi dan selalu mendukung kehamilanmu ini karena support dari pasangan sangatlah mempengaruhi perkembangan bayi yang ada di dalam perutmu.

sumber : www.shopback.co.id

 

Ayo Ikuti Jejak mereka yang sudah mengikuti Promil dengan Madu Penyubur Kandungan

Sebagian Pasangan Suami Istri Sudah Menikah Lama Tapi Tidak Juga Dikaruniai Keturunan, Hal Ini Harus Segera Diatasi Karena Jika Berlarut Larut Akan Mengakibatkan :

- Depresi karena khawatir tidak memiliki momongan selamanya

- Digunjing tetangga tetangga anda

- Tidak enak terhadap mertua

- Bahkan tak sedikit pasangan melakukan Perceraian karena tidak kunjung memiliki momongan

Dan lagi yang perlu anda ingat. Jangan pernah anggap remeh kondisi anda yang sulit mendapatkan momongan. Semakin usia anda bertambah maka kesuburan akan semakin menurun. Karena dengan Usia yang semakin tua semakin kecil kemungkinan untuk mendapatkan keturunan.

KEINGINAN ANDA UNTUK SEGERA MEMILIKI ANAK SANGATLAH KUAT, NAMUN SEGALA UPAYA YANG DITEMPUH BERAKHIR SIA-SIA.

JANGAN KHAWATIR KINI ADA CARA ALAMI UNTUK MENGATASI MASALAH KESUBURAN ANDA.

KINI TELAH HADIR !

MADU PENYUBUR KANDUNGAN WANITA DAN PRIA

www.madukesuburan.comMadu penyubur kandungan al mabruroh ini merupakan minuman khusus untuk wanita dan pria dewasa yang diformulasikan secara khusus dari bahan herbal alami. Madu penyubur kandungan ini bekerja untuk menjaga kesehatan organ reproduksi (pria dan wanita), untuk membantu mencegah dan mengatasi kemandulan.

"Khasiat apa saja yang terkandung dalam sebotol Madu Penyubur Al Mabruroh ?"

Khasiat Madu Penyubur Wanita :

  • Menstimulasi kinerja hormon

  • Merangsang pematangan sel telur

  • Membantu menyuburkan kandungan

  • Menjaga kesehatan reproduksi

  • Mengatasi gangguan haid dan keputihan

  • Mencegah kemandulan sejak dini

Khasiat Madu Penyubur Pria :

  • Mengatasi kemandulan

  • Mengentalkan sperma

  • Menjadikan sperma menjadi berkualitas

  • Untuk menjaga kesehatan tubuh

"Apakah Madu Penyubur Al Mabruroh AMAN untuk dikonsumsi ?"

Madu Penyubur Al Mabruroh sudah pasti AMAN untuk dikonsumsi, dan tentunya TANPA EFEK SAMPING. Komposisi Madu Penyubur Al Mabruroh, antara lain : madu pilihan, sari kurma, ekstrak kemangi, ekstrak barucina, ekstrak adas, dan serbuk pucuk bunga kurma.

Madu Penyubur Al Mabruroh juga sudah terdaftar pada

Madu wanita : DEPKES P-IRT 209320101800

Madu pria : POM TR 153685241

"Lalu Berapa Harga Madu Penyubur Ini?"

Madu Penyubur Wanita Rp 90.000/botol

Madu Penyubur Pria Rp 65.000/botol

(belum termasuk ongkir)

 Dapatkan HARGA LEBIH MURAH dengan membeli PAKET Madu !

1 paket  @ Rp. 149.000/paket = Rp 149.000 saja!

2 paket @ Rp. 129.500/paket = Rp 259.000 saja!

3 paket @ Rp. 113.000/paket = Rp 339.000 saja!

(Belum termasuk ongkir)

BELI SEKARANG JUGA !!!

PEMESANAN OTOMATIS VIA WA ADMIN MADU PENYUBUR KANDUNGAN 08562765088 KLIK DISINI

wa-1 madu penyubur kandungan

KARENA KHUSUS HARI INI ADA BONUS GRATIS 1 PCS TEST PACK

HANYA UNTUK PEMBELIAN 1-2 PAKET MADU PENYUBUR

 

"Lantas saya harus minum berapa botol agar bisa hamil?"

Hasil pada tiap konsumen berbeda-beda sesuai kondisi tubuh masing-masing konsumen dan yang pasti kehamilan adalah MUTLAK kehendak Allah 'Azza Wa Jalla, dan semoga madu ini menjadi lantaran untuk mendapatkan momongan.

MADU PENYUBUR KAMI ASLI 100% DARI AL MABRUROH

CEPAT BERTINDAK SEKARANG JUGA, KARENA HARGA MADU KESUBURAN BISA NAIK SECARA TIBA TIBA TANPA PEMBERITAHUAN.

Bayangkan...jika anda hamil dan memiliki momongan? uang untuk membeli madu kesuburan tidak ada artinya sama sekali dibandingkan kebahagiaan anda.

HATI-HATI BANYAK BEREDAR BARANG PALSU & JANGAN MUDAH TERGIUR DENGAN HARGA MURAH !

kami men jual madu penyubur kandungan al mabruroh asli, alami, aman, dan terpercaya

CARA KONSUMSI MADU KESUBURAN CEK VIDEO DI BAWAH INI

Silahkan pesan & bayar sekarang juga !

PEMESANAN OTOMATIS VIA WA ADMIN MADU PENYUBUR KANDUNGAN 08562765088 KLIK DISINI

madu penyubur kandungan bbm-1

tlp

wa-1 madu penyubur kandungan sms

GARANSI 100% MADU PENYUBUR PASTI DIKIRIM DAN SAMPAI KETANGAN ANDA

*Disclaimer : Hasil yang didapat dan waktu yang dibutuhkan setiap orang dalam pemakaian madu penyubur kandungan dan bisa berbeda-beda tergantung frekuensi penggunaan dan kondisi masing masing individu.

Via SMS/WA/BBM

Format Pemesanan :

PM # NAMA  # ALAMAT LENGKAP # JUMLAH PAKET MADU YG DIPESAN

Contoh :

PM # ANDI # JL NUKLIR 5 DESA CIBITUNG, RT 05, RW 06, KEC. RAPOCINI, LAMPUNG SELATAN # 2 PAKET MADU

Kirim ke :

madu penyubur kandungan bbm-1

tlp

wa-1 madu penyubur kandungansms  

PEMESANAN OTOMATIS VIA WA ADMIN MADU PENYUBUR KANDUNGAN 08562765088 KLIK DISINI