4 Kiat Mudah untuk Mengatasi Sakit Dada di Masa Kehamilan

Mengalami nyeri dada secara tiba-tiba tentu mengkhawatirkan. Apalagi jika kondisi ini terjadi di masa kehamilan, yang notabene Anda harus ekstra menjaga kesehatan diri sendiri dan bayi dalam kandungan. Lantas, apa yang harus dilakukan untuk meredakan dada sakit saat hamil ini?

Kenapa dada terasa sakit saat hamil?

Secara umum, sakit dada saat hamil sebenarnya merupakan kondisi normal karena adanya perubahan fisiologis tubuh. Pertumbuhan rahim yang semakin hari semakin membesar akan menekan bagian diafragma, sehingga kemudian menimbulkan rasa kurang nyaman pada dada.

Bahkan, perubahan pada ukuran payudara yang kian membesar selama kehamilan juga bisa memengaruhi ukuran tulang rusuk. Alhasil, tulang rusuk akan ikut melebar sehingga menyebabkan adanya tekanan pada dada, yang kadang juga menimbulkan sesak napas.

Namun, Karen Deighan, MD, FACOG, selaku dokter spesialis obstetri dan ginekologi di Gottlieb Memorial Hospital of Loyola University Health System, menjelaskan sebuah pengecualian. Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, dada sakit saat hamil bisa menandakan adanya masalah kesehatan lainnya.

Meliputi gangguan pencernaan, asam lambung naik (heartburn), tekanan dari bayi yang makin membesar, maupun stres. Bahkan terkadang, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh masalah lain pada tubuh yang lebih serius. Misalnya serangan jantung dan gumpalan darah di pembuluh darah vena (deep vein thrombosis), serangan jantung, penyakit jantung koroner, hingga penyakit jantung kongenital.

Kedua kondisi yang cukup berbahaya tersebut biasanya tidak hanya menimbulkan sakit dada saat hamil saja, melainkan juga disertai dengan gejala lainnya. Mulai dari sesak napas, pusing, detak jantung cepat, keringat dingin, bahkan hingga batuk berdarah.

Bagaimana cara mengatasi dada sakit saat hamil?

Dokter akan memberikan beberapa jenis obat-obatan untuk kasus dada sakit saat hamil tertentu. Biasanya, jika kondisi ini sudah sampai mengganggu aktivitas sehari-hari karena disertai dengan pusing, sesak napas, dan tubuh melemah,

Anda akan dianjurkan untuk banyak mengonsumsi vitamin, sekaligus memperbanyak ragam jenis makanan harian demi memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Khususnya mineral zat besi, kalsium, dan magnesium.

Namun selain itu, beberapa perawatan berikut ini juga bisa membantu mengatasi dada sakit saat hamil:

1. Perhatikan postur tubuh

Bila selama ini Anda terbiasa dengan postur tubuh yang membungkuk, entah itu saat duduk atau berdiri, sebaiknya ubah mulai sekarang.

Postur tubuh bungkuk dapat memengaruhi paru-paru, yang membuatnya seolah tidak memiliki cukup ruang untuk bernapas.

Solusinya, usahakan untuk selalu duduk dan berdiri dengan posisi tegak guna memudahkan proses pernapasan sekaligus mengatasi dada sakit saat hamil.

2. Kelola stres

Luangkan waktu selama beberapa kali dalam seminggu untuk ikut kelas yoga atau meditasi. Atau jika mau, Anda juga bisa melakukkan kegiatan penenang diri ini sendiri di rumah.

Melakukan meditas maupun yoga bisa cukup membantu menenangkan tubuh dari stres dan penat yang seolah membebani tubuh. Dengan begitu, kemungkinan munculnya dada sakit saat hamil bisa lebih diminimalisir.

3. Hindari pemicu dari makanan dan minuman

Selama masa kehamilan, Anda tidak dianjurkan untuk merokok, minum alkohol, makan makanan berminyak dan pedas, serta mengonsumsi kafein. Teh, kopi, dan cokelat merupakan sumber kafein yang jumlah konsumsinya harus dibatasi atau bahkan dihilangkan sama sekali.

Intinya, sebisa mungkin hindari konsumsi makanan maupun minuman yang bisa menyebabkan masalah pada sistem pencernaan. Sebab hal tersebut akan memicu naiknya asam lambung, yang bisa membuat dada sakit saat hamil.

Sebagai gantinya, konsumsi makanan dan minuman yang lebih aman dan dapat membantu memenuhi kebutuhan zat gizi harian. Porsi makan juga bisa diakali jadi lebih sedikit tapi sering guna mencegah sakit perut dan asam lambung naik.

4. Istirahat yang cukup

Jangan lakukan terlalu banyak aktivitas karena ditakutkan bisa membuat dada terasa sakit saat sedang hamil. Pastikan juga waktu istirahat Anda cukup alias tidak terlalu berlebihan dan tidak pula kekurangan.

Supaya lebih nyaman, coba gunakan bantal yang lebih tinggi sebagai penyangga kepala saat tidur. Cara ini akan memudahkan Anda untuk bernapas dengan lega.

Namun ingat, hindari langsung merebahkan tubuh maupun tidur setelah makan karena bisa menimbulkan masalah pencernaan.

Perlukah periksa ke dokter?

Meski terbilang jarang terjadi, tapi dada sakit saat hamil bisa mengindikasikan adanya masalah yang serius. Misalnya serangan jantung, detak jantung tidak normal, maupun adanya sumbatan gumpalan darah pada pembuluh darah.

Jangan tunda untuk memeriksakan kondisi Anda ke dokter, jika sakit dada tersebut diiringi dengan gejala serius seperti pusing, susah bernapas, dan tubuh lemas.

Namun, apabila rasa ketidaknyamanan pada dada tersebut hanya muncul sesaat dan tidak terasa lagi, Anda tidak perlu khawatir.

Anda bisa menyampaikan perkembangan maupun keluhan yang sesekali atau sering muncul pada dokter setiap kali melakukan pemeriksaan kehamilan. Dengan begitu, dokter bisa melakukan penanganan sedini mungkin sesuai kondisi kesehatan Anda.

 

Ayo Ikuti Jejak mereka yang sudah mengikuti Promil dengan Madu Penyubur Kandungan

Sebagian Pasangan Suami Istri Sudah Menikah Lama Tapi Tidak Juga Dikaruniai Keturunan, Hal Ini Harus Segera Diatasi Karena Jika Berlarut Larut Akan Mengakibatkan :

- Depresi karena khawatir tidak memiliki momongan selamanya

- Digunjing tetangga tetangga anda

- Tidak enak terhadap mertua

- Bahkan tak sedikit pasangan melakukan Perceraian karena tidak kunjung memiliki momongan

Dan lagi yang perlu anda ingat. Jangan pernah anggap remeh kondisi anda yang sulit mendapatkan momongan. Semakin usia anda bertambah maka kesuburan akan semakin menurun. Karena dengan Usia yang semakin tua semakin kecil kemungkinan untuk mendapatkan keturunan.

KEINGINAN ANDA UNTUK SEGERA MEMILIKI ANAK SANGATLAH KUAT, NAMUN SEGALA UPAYA YANG DITEMPUH BERAKHIR SIA-SIA.

JANGAN KHAWATIR KINI ADA CARA ALAMI UNTUK MENGATASI MASALAH KESUBURAN ANDA.

KINI TELAH HADIR !

MADU PENYUBUR KANDUNGAN WANITA DAN PRIA

www.madukesuburan.comMadu penyubur kandungan al mabruroh ini merupakan minuman khusus untuk wanita dan pria dewasa yang diformulasikan secara khusus dari bahan herbal alami. Madu penyubur kandungan ini bekerja untuk menjaga kesehatan organ reproduksi (pria dan wanita), untuk membantu mencegah dan mengatasi kemandulan.

"Khasiat apa saja yang terkandung dalam sebotol Madu Penyubur Al Mabruroh ?"

Khasiat Madu Penyubur Wanita :

  • Menstimulasi kinerja hormon

  • Merangsang pematangan sel telur

  • Membantu menyuburkan kandungan

  • Menjaga kesehatan reproduksi

  • Mengatasi gangguan haid dan keputihan

  • Mencegah kemandulan sejak dini

Khasiat Madu Penyubur Pria :

  • Mengatasi kemandulan

  • Mengentalkan sperma

  • Menjadikan sperma menjadi berkualitas

  • Untuk menjaga kesehatan tubuh

"Apakah Madu Penyubur Al Mabruroh AMAN untuk dikonsumsi ?"

Madu Penyubur Al Mabruroh sudah pasti AMAN untuk dikonsumsi, dan tentunya TANPA EFEK SAMPING. Komposisi Madu Penyubur Al Mabruroh, antara lain : madu pilihan, sari kurma, ekstrak kemangi, ekstrak barucina, ekstrak adas, dan serbuk pucuk bunga kurma.

Madu Penyubur Al Mabruroh juga sudah terdaftar pada

Madu wanita : DEPKES P-IRT 209320101800

Madu pria : POM TR 153685241

"Lalu Berapa Harga Madu Penyubur Ini?"

Madu Penyubur Wanita Rp 90.000/botol

Madu Penyubur Pria Rp 65.000/botol

(belum termasuk ongkir)

 Dapatkan HARGA LEBIH MURAH dengan membeli PAKET Madu !

1 paket  @ Rp. 149.000/paket = Rp 149.000 saja!

2 paket @ Rp. 129.500/paket = Rp 259.000 saja!

3 paket @ Rp. 113.000/paket = Rp 339.000 saja!

(Belum termasuk ongkir)

BELI SEKARANG JUGA !!!

PEMESANAN OTOMATIS VIA WA ADMIN MADU PENYUBUR KANDUNGAN 08562765088 KLIK DISINI

wa-1 madu penyubur kandungan

KARENA KHUSUS HARI INI ADA BONUS GRATIS 1 PCS TEST PACK

HANYA UNTUK PEMBELIAN 1-2 PAKET MADU PENYUBUR

 

"Lantas saya harus minum berapa botol agar bisa hamil?"

Hasil pada tiap konsumen berbeda-beda sesuai kondisi tubuh masing-masing konsumen dan yang pasti kehamilan adalah MUTLAK kehendak Allah 'Azza Wa Jalla, dan semoga madu ini menjadi lantaran untuk mendapatkan momongan.

MADU PENYUBUR KAMI ASLI 100% DARI AL MABRUROH

CEPAT BERTINDAK SEKARANG JUGA, KARENA HARGA MADU KESUBURAN BISA NAIK SECARA TIBA TIBA TANPA PEMBERITAHUAN.

Bayangkan...jika anda hamil dan memiliki momongan? uang untuk membeli madu kesuburan tidak ada artinya sama sekali dibandingkan kebahagiaan anda.

HATI-HATI BANYAK BEREDAR BARANG PALSU & JANGAN MUDAH TERGIUR DENGAN HARGA MURAH !

kami men jual madu penyubur kandungan al mabruroh asli, alami, aman, dan terpercaya

CARA KONSUMSI MADU KESUBURAN CEK VIDEO DI BAWAH INI

Silahkan pesan & bayar sekarang juga !

PEMESANAN OTOMATIS VIA WA ADMIN MADU PENYUBUR KANDUNGAN 08562765088 KLIK DISINI

madu penyubur kandungan bbm-1

tlp

wa-1 madu penyubur kandungan sms

GARANSI 100% MADU PENYUBUR PASTI DIKIRIM DAN SAMPAI KETANGAN ANDA

*Disclaimer : Hasil yang didapat dan waktu yang dibutuhkan setiap orang dalam pemakaian madu penyubur kandungan dan bisa berbeda-beda tergantung frekuensi penggunaan dan kondisi masing masing individu.

Via SMS/WA/BBM

Format Pemesanan :

PM # NAMA  # ALAMAT LENGKAP # JUMLAH PAKET MADU YG DIPESAN

Contoh :

PM # ANDI # JL NUKLIR 5 DESA CIBITUNG, RT 05, RW 06, KEC. RAPOCINI, LAMPUNG SELATAN # 2 PAKET MADU

Kirim ke :

madu penyubur kandungan bbm-1

tlp

wa-1 madu penyubur kandungansms  

PEMESANAN OTOMATIS VIA WA ADMIN MADU PENYUBUR KANDUNGAN 08562765088 KLIK DISINI